Selamat Hari Pramuka

๐Ÿ™ ๐Ÿ™ Assalamualaikum Wr. Wb. ๐Ÿ™๐Ÿ™
๐Ÿ‘‹ ๐Ÿ‘‹ Halo teman-teman ๐Ÿ‘‹ ๐Ÿ‘‹

Selamat Hari Pramuka ya teman-teman! Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang dibentuk pada tahun 1961. Untuk memperingati Hari Pramuka, mari kita lihat serba – serbi pramuka!

 

1. Sejarah Pramuka

Pada tahun 1961, Presiden Soekarno memerintahkan penggabungan semua organisasi kepanduan dalam satu wadah. Pada tanggal 14 Agustus 1961, dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional), Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti oleh sekitar 10.000 Pramuka. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Pramuka yang diperingati hingga saat ini.

 

2. Warna Seragam Pramuka

Pemilihan warna cokelat dalam seragam pramuka ini memiliki tujuan khusus. Apa tuh? Jadi, seperti yang diketahui, pada film-film mengenai kepahlawanan pemerannya biasa menggunakan baju berwarna cokelat. Sehingga salah satu tujuan pemilihan seragam pramuka yang berwarna coklat yakni agar para anggota pramuka tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan yang terlah berjuang untuk negara Indonesia tercinta. Selain itu warna cokelat pada seragam pramuka juga dapat melambangkan warna tanah air Indonesia.

Cokelat muda pada baju menggambarkan air yang mengalir, sedangkan warna cokelat tua pada rok atau celana menggambarkan warna tanah di negara kita. Warna cokelat dianggap tidak mudah kelihatan kotor saat kita sedang bertualang, seperti yang sering dilakukan para anggota Pramuka.

 

3. Lambang Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka tunas kelapa mengandung arti kiasan sebagai berikut:

a) Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa).
b)Buah kelapa tahan lama. Ini mengandung arti bahwa pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet.
c) Kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini artinya, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapunKelapa tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi.
d) Akar kelapa kuat. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.
e) Kelapa pohon yang serbaguna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

 

4. Dasa Dharma Pramuka

Dasa Dharma merupakan sepuluh sikap yang harus dimiliki oleh seorang pramuka. Biasanya dimiliki oleh seorang pramuka tingkat penggalang hingga tingkat atas. Secara bahasa, Dasa Dharma berasal dari kata โ€œDasaโ€ dan โ€œDarmaโ€œ. Dasa berasal dari bahasa Jawa yang berarti sepuluh. Sedangkan Darma merupakan bahasa Sanskerta yang memiliki arti kewajiban, tugas hidup, aturan, kebajikan, dan kebenaran. Sehingga secara bahasa Dasa Dharma memiliki arti sepuluh kewajiban, kebajikan, dan aturan.

Berikut dasa dharma pramuka:

Dasa Dharma, Pramuka itu:

1) Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
2) Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3) Patriot yang sopan dan kesatria.
4) Patuh dan suka bermusyawarah.

5)Rela menolong dan tabah.
6) Rajin, terampil dan gembira.
7) Hemat, cermat dan bersahaja.

8) Disiplin, berani dan setia.
9) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10) Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Nah. Sekian serba-serbi mengenai pramuka yang bisa kami sampaikan! Mari kita sebagai anak bangsa tetap aktif melakukan bela negara salah satunya dengan melakukan kegiatan pramuka! Hidup Indonesia! ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜ŠTerimakasih๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
๐Ÿ™๐Ÿ™ Wassalamualaikum Wr. Wb. ๐Ÿ™๐Ÿ™
sumber:
https://m.tribunnews.com/amp/nasional/2019/08/14/sejarah-hari-pramuka-14-agustus-dengan-fakta-faktanya?page=4

10 Dasa Dharma Pramuka dan Artinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *