SELAMAT HARI BELA NEGARA

“MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA BELA NEGARA BAGI GENERASI MILENIAL TERHADAP NKRI”

Menjadi warga Negara berarti menjadi salah satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan begitu, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menjaga Negara kita dari berbagai ancaman baik dari dalam maupun luar Negeri. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan adanya sikap bela negara. Kata bela Negara mungkin begitu berat terdengar di era milenial ini. Bela Negara tidak hanya sekedar mempertahankan kemerdekaan dari penjajah, tapi juga mengisi kemerdekaan dengan berbagai tindakan yang positif, membela Negara pada dasarnya mempertahankan Negara dari kehancuran. Di dalam Undang–Undang Dasar tahun 1945 pada pasal 27 ayat 3 berbunyi “Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara”, dalam pasal tersebut menjelaskan bahwasannya kita sebagai warga Negara Indonesia ikut serta dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Lalu seberapa pentingkah Bela Negara pada generasi milenial sekarang? Saat ini generasi milenial mendapatkan tantangan cukup berat yaitu, menyikapi kemajuan teknologi informasi dengan keberadaan media sosial. Meski di satu sisi, media sosial banyak membawa dampak positif. Namun, media sosial pula memiliki dampak negatif yang luar biasa yaitu, hoax (berita bohong), hate speech (ujaran kebencian), dan adu domba menjadi suatu fenomena yang luar biasa. Ironisnya dampak negatif inilah yang jelas–jelas dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Terlepas dari baik–buruknya terhadap generasi milenial, kita sebagai pemuda penerus bangsa seharusnya dapat ikut serta dalam menjaga keutuhan Bangsa Indonesia, tidak hanya melakukan Bela Negara dengan memerangi berbagai  upaya yang ingin mengancam keutuhan NKRI, namun kita sebagai generasi milenial penerus bangsa kita dapat berprestasi dalam berbagai segala bidang, baik itu bidang akademik atau bidang non–akademik. Sebuah karya yang dapat memajukan Indonesia agar lebih maju, utuh lewat prestasi dan sebuah karya. Kita sebagai generasi milenial harus selalu mencoba untuk tidak selalu menjadi “budak” di Negara lain. Sudah waktunya kita yang membuat sesuatu dengan ciri khas Indonesia. Dalam berkarya untuk bangsa, kita harus tau apa yang kita suka, kecintaan terhadap apa yang kita kerjakan, kita juga harus cerdas sebagai generasi milenial di era sekarang ini, dan yang terpenting adalah kita harus bekerja sama dalam perbedaan. Karena Indonesia adalah keberagaman, maka Indonesia pula bersatu dalam kesatuan untuk menjaga keutuhan bangsa.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *