HARI SUMPAH PEMUDA

Selamat HarI Sumpah Pemuda!

Pemuda dan pemudi adalah salah satu tonggak yang kokoh dalam pondasi negara indonesia. Dimana, peran pemuda dan pemudi indonesia bagi kemerdekaan akan sangat penting. Maka pada saat itu pada tanggal 28 oktober 1928 tercetuslah ikrar sumpah pemuda yang diucapkan oleh pemuda dan pemudi indonesia. Didalam isi dari sumpah itu berisikan tentang janji para pemuda dan pemudi indonesia untuk mencintai tanah air, bangsa, dan negaranya serta bahasanya yaitu bahasa indonesia. Oleh karena itu, setiap tanggal 28 oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur untuk membela bangsa indonesia agar tetap berdiri dengan kokoh.

Zaman dahulu pemuda Indonesia berjuang keras melawan penjajah dan bercita-cita untuk membebaskan Indonesia dari jajahan penjajah. Awalnya, pada Kongres Pemuda I yang diadakan pada tahun 1926 menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kongres ini diikuti oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti jong java, jong sumatra, jong betawi, dan organisasi pemuda lainnya. Lalu, dilakukan pertemuan perwakilan antar daerah yang kedua pada Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 yang dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), pertemuan ini membuahkan hasil.dan akhirnya tercetuskanlah Sumpah Pemuda itu.

Dari sinilah, benih-benih persatuan antar pemuda Indonesia tumbuh. Berbeda  dengan zaman dulu, zaman sekarang pemuda Indonesia menganggap persatuan itu kurang penting. Dari luar, pemuda Indoenesia terlihat sangat menjunjung tinggi persatuan. Nyatanya tidak. Di luar, pondasi kita sebagai pemuda Indonesia cukup kuat. Akan tetapi di dalamnya sangatlah rapuh. Banyak sekali dari kita yang masih tak peduli dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bahkan sampai sekarang kita masih terjajah pun, kita tidak menyadarinya. Hampir seluruh pemuda Indonesia terjajah dengan teknologi yang ada, kebiasaan yang tidak sesuai dengan negara kita, dan hal-hal buruk lain. Kita bahkan egois dengan tidak menimbang-nimbang pendapat orang lain di sekitar kita. Kita berpikir, apa yang kita lakukan adalah hal yang terbaik. Padahal, jika kita menggabungkan seluruh pemikiran kita menjadi satu, kita dapat membuahkan sebuah pemikiran yang hebat.

Jika kita tidak memperbaikinya mulai dari sekarang apa yang akan terjadi pada generasi muda selanjutnya? Akankah mereka nantinya lebih baik dari kita ataukah lebih buruk dari kita? Kitalah yang menentukan, apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, ayo para pemudaku hilangkan rasa egois yang melekat pada diri kita. Jadikanlah bangsa Indonesia bangsa yang pondasinya kuat, karena pemuda di dalamnya bersatu untuk menjadikan Indonesia lebih baik dari sebelumnya.

 

 

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kongres_Pemuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *