HARI PERINGATAN PEMBELA TANAH AIR

Pada tanggal 14 Februari di dalam sejarah nasional Indonesia, ditetapkan sebagai peringatan peristiwa Pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air) di Kota Blitar pada tahun 1945. Tepatnya 6 bulan sebelum Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemberontakan PETA ini dipimpin oleh Shodancho Supriyadi, yang hingga saat ini dikabarkan raib entah kemana, namun ditetapkan sebagai Pahlawan nasional.

Akhirnya, tercatat dalam sejarah nasional Indonesia bahwa pada tanggal 14 Februari 1945 dini hari pukul 03.00 WIB, pasukan PETA dibawah komando Shodancho Supriyadi menyerang Hotel Sakura kediaman para perwira militer Kekaisaran Jepang, juga markas Kempetai dan tempat tempat lainnya yang menjadi kediaman tentara Jepang.

Di luar dugaan ternyata tempat- tempat yang diserang tentara PETA dengan mortir dan senapan mesin ini telah dikosongkan, karena rencana pemberontakan PETA telah bocor dan diketahui oleh tentara Jepang.

Setidaknya dengan mengingat kisah perjuangan para pahlawan diatas, kita sebagai putra- putri bangsa Indonesia saat ini, dapat mengambil sikap mewarisi semangat nasionalisme, untuk membebaskan bangsanya,dan tanah airnya dari cengkeraman penjajahan negara asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *